The Influence of the Quality of the E-Siantri Information System on Inpatient Satisfaction at Sinjai Hospital
DOI:
https://doi.org/10.53690/ihj.v1i1.30Keywords:
E-Siantri, Kualitas Sistem Informasi, Kepuasan PasienAbstract
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) merupakan sistem yang meningkatkan efisiensi, efektivitas dan profesionalisme. Alektronik sistem antrian (E-Santri) RSUD Kabupaten Sinjai yang beroperasi mulai dari penjadwalan, pendaftaran serta antrian pasien rawat jalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas sistem E-Santri terhadap kepuasan Pasien. Metode penelitian ini menggunakan Cross sectional Study dengan melibatkan 56 Responden. Hasil Penelitian ini ada pengaruh kenyamanan akses terhadap kepuasan pasien dengan nilai p=0,001, kemudahan untuk digunakan (ease of use) p=0,035, kecepatan akses (response time) p=0,001, fleksibilitas system (flexibility) p=0,038. Sedangkan variabel keandalan system (reliability) p=113 dan keamanan system (security) tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Sinjai. Kesimpulan Penelitian ini yakni kualitas sistem informasi e-siantri dilihat dari aspek kenyamanan akses, kemudahan untuk digunakan (ease of use), kecepatan akses (response time), dan fleksibilitas system (flexibility) berjalan dengan baik sehingga mampu meningkatkan kepuasan pasien, tapi dilihat dari aspek keandalan system (reliability) dan aspek keamanan system (security) belum terlaksana dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 An Idea Health Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.